logo blog
Selamat Datang Di Blognya Mas Onan
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blognya Mas Onan,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
Powered by Blogger.

Pendakian Kedua di Gunung Penanggungan Mojokerto

Mas Onan - Gunung Penanggungan adalah pendikan kedua saya bersama kelompok saya, Gunung Penanggungan berada di Mojokerto dengan ketinggian 1653Mdpl. Baca juga Pendakian Pertama di Gunung Wilis Kediri.

Kami berencana mendaki ke Gunung Penanggungan tanggal 28 Mei 2015 dan berangkat dari kota malang sekitar jam 16.00 WIB mungkin sekitar jam 18.00 WIB kami sampai di Pos Pertama Gunung Penanggungan jadi kami akan mendaki pada malam hari.

Perlengkapan yang kami bawa kali ini sama dengan perlengkapan ketika mendaki Gunung Wilis yang berada di Kediri. Waktu di Gunung Wilis kami hanya berenam saat ini di Gunung Penanggungan ada tambahan 2 personil wanita.

Kami berangkat dari pos 1 sekitar jam 18.00 WIB. Di pos 1 kami mendaftar terlebih dahulu siapa saja yang akan mendaki pada saat itu, setelah selesai mendaftar kami diberikan sebuah peta untuk menunjukan jalan saat mendaki.

Dengan membawa 4 penerangan yang cukup kami menerjang malam di Penanggungan. Suasana saat mendaki pada malam hari kali ini berbeda dengan mendaki pada pagi hari. Sedikit berbeda karena udara pada malam hari dipenanggungan berisi Karbondioksida bukan oksigen jadi kami sedikit lebih lelah dalam perjalanan, tapi hal tersebut tidak membuat kami menyerah.

Perjalanan menuju puncak sekitar 5 jam dari Pos 1 dan sebelum menuju puncak penanggungan kami akan bermalam di puncak bayangan. Sekitar pukul 20.00 kami tiba di Pos 3 dan beristirahat sekitar 15 menit di Pos 3.

Setelah dirasa cukup beristirahat kami melanjutkan perjalanan menuju puncak bayangan. Medan menuju puncak bayangan sedikit menanjak, berbatu dan licin jadi diperlukan kehati - hatian yang tinggi medan tanah yang licin akan Anda temui setelah berjalan beberapa meter dari Pos 3 dan medan berbatu yang terjal akan Anda temui ketika hampir sampai dipuncak bayangan.

Dalam Perjalanan menuju puncak bayangan kami sering beristirahat karena salah satu anggota perempuan kami mengalami kecapekan karena medan berbatu dan menanjak. Dengan kondisi yang capek dia terus melanjutkan perjalanan demi menuju puncak bayangan dan penanggungan.

Semakin ke atas batu yang kamu lewati semakin besar dan terjal hal ini membuat saya merangkak untuk melawati medan ini. Sekitar pukul  22.30 kami tiba dipuncak bayangan, dipuncak bayangan kami berjumpa dengan pendaki lainnya yang sudah terlebih dahulu sampai dipuncak. Setelah beristirahat beberapa menit kami mendirikan 2 tenda dan segara membuat makan malam. Malam malam pada saat itu masih sama dengan yang di Wilis yaitu Mie Instant dengan sedikit tambahan kentang rebus.

Setelah makan kami langsung beristihat dan berencana menuju puncak penanggungan sekitar 03.30 pagi. Jam tangan menunjukan pukul 03.00 pagi kami bersiap - siap menuju puncak penanggungan.

Medan menuju Puncak Penanggungan tidak kalah menantang dari sebelumnya jalan yang licin dan batu - batu besar masih kami jumpai tapi lebih menantang dari atas kami melihat lampu - lampu yang indah yang membuat kami bangga dengan alam Indonesia.

Akhirnya sekitar jam 04.45 kami tiba dipuncak penanggungan. Diatas puncak kami bisa melihat kota Mojokerto dan Sidoarja. Pemandangan yang disuguhkan sangat menarik karena kami bisa melihat dengan jelas gunung Arjuna dan puncak tertinggi Jawa yaitu Mahameru. WOW adalah kata yang cocok untuk menggambarkan keadaan saat dipuncak.

Semoga Artikel saya ini bisa memberikan manfaat dan wawasan yang luas dan ingat jangan lupa baca juga Monumen Batu Tulis Gunung Wilis
Enter your email address to get update from Mas Onan.
Print PDF
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terimakasih Telah Berkunjung di Blog ini, saya harap Anda tidak berkomentar yang berbau SARA ataupun SPAM

Copyright © 2013. Mas Onan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger